Mengenal Standar XHTML

Sebenarnya standar XHTML telah diperkenalkan oleh W3 Consortium sejak tahun 1999. Namun demikian saya yakin masih banyak yang belum paham apa dan bagaimana standar XHTML itu. XHTML merupakan singkatan dari eXtensible HyperText Markup Language.
Dalam situsnya, W3 Consortium mengatakan bahwa standar XHTML merupakan reformulasi dari dokumen HTML dalam sintaks XML yang dikembangkan dengan tujuan untuk menggantikan HTML. Tampilan data atau presentasi dalam terminologi XHTML harus dipisahkan dari data agar mudah dalam pengelolaannya.
Selain itu XHTML menerapkan aturan-aturan yang lebih tegas daripada HTML. Karena XHTML berbasis XML, maka kita bisa menggunakan tool dan teknologi lain yang spesifik untuk XML (misalnya saja MathML, SVG, WSDL, SOAP) dalam membuat dokumen XHTML.

Ada empat tujuan utama yang mendasari mengapa tampilan (user interface) dan data harus dipisahkan, yaitu:
1. Accessibility
W3C merancang agar XHTML tidak hanya bisa diakses oleh orang normal saja, tetapi juga untuk orang yang memiliki kekurangan fisik (disabilities). Misalnya saja orang buta bisa memanfaatkan screen reader dan voice browser untuk mengakses website.
2. Targeted Presentation
Jika kita memisahkan lapisan presentasi dari data, kita bisa membuat tampilan yang berbeda untuk berbagai device. Sumber datanya sama tapi bisa diakses dari berbagai perangkat yang berbeda. Lebih praktis dan efisien bukan?
3. Maintenance
Menyimpan data dan struktur tampilan yang terpisah akan memudahkan kita dalam mengorganisir website. Di kemudian hari jika kita ingin mengutak-atik website (misalnya mengubah tampilan), hal itu akan lebih mudah dilakukan.
4. Processing
Software (misalnya web browser) lebih mudah untuk memproses dokumen XHTML karena organisasi datanya lebih teratur dan juga adanya pemisahan struktur tampilan dan data. Selain itu, dengan standar XHTML dokumen web tidak hanya bisa diakses melalui web browser saja.
Ponsel dan personal digital assistant (PDA) pun bisa mengakses dokumen web dengan Wireless Markup Language (WML) atau XHTML Basic. WML merupakan XML vocabulary yang khusus dibuat untuk mobile phone yang mendukung protokol Wireless Application Protocol (WAP). Sedangkan XHTML Basic adalah XHTML yang hanya terdiri dari tag-tag dasar dan teks saja.
Bagaimana, tertarik untuk belajar XHTML?

template, web, html, xhtml